Berjemur

Hai teman-teman, apa kabar? Semoga kita sehat dan bahagia selalu.

Sudah tujuh bulanan aku di rumah saja. Aku menghabiskan waktu hampir 24 jam di dalam rumah atau sekadar berkeliling di sekitar komplek. Setiap pagi, aku pasti berjemur di bawah sinar matahari. Terpapar sinar matahari pagi baik bagi kesehatan terutama untuk menjaga imunitas tubuh apalagi jika dibarengi dengan olahraga ringan.

Hubungan kita, manusia, dengan sinar matahari itu kayak love-hate relationship. Di satu sisi, kita butuh banget terapar sinar matahari langsung agar pro-Vitamin D yang ada di dalam tubuh bisa disintesa menjadi Vitamin D3. Sinar matahari juga dapat membunuh bakteri dan menjaga imunitas tubuh untuk menangkal virus, seperti Covid-19.

Di sisi lain, sinar ultraviolet (ultraungu) yang ada dalam sinar matahari juga dapat menimbulkan kerugian bagi manusia. Apabila kulit manusia terpapar sinar ultraviolet terlalu lama maka yang terjadi adalah kulit menjadi kemerahan atau sunburn, terasa terbakar, penuaan dini, hingga parahnya dapat mengakibatkan kanker kulit (melanoma). Sebenarnya, kulit juga memiliki system perlindungan alami yakni lapisan melanin yang memberi warna pada kulit. Namun, mendapati fakta bawa lapisan ozon sekarang sudah banyak bolongnya, sinar ultraviolet tembus ke bumi dengan begitu keras. Teman-teman bisa cek indeks ultraviolet secara berkala (harian) di situs BMKG Indonesia, ya.

Meski menghabiskan sebagian besar waktu di rumah saja, ternyata aku tetap beresiko terpapar sinar ultraviolet yang datang dari luar rumah dan dalam rumah.  Hah, kok bisa di dalam rumah tetap terpapar sinar UV?

Di kutip dari laman health.detik.com*), dr. Sri Ellyani, Sp.KK dalam sesi wawancaranya mengatakan bahwa berada di dalam ruangan bukan berarti aman dari sinar UV karena sinar UV A dapat menembus kaca jendela ruangan sampai ke lapisan kulit terdalam. Ia juga merekomendasikan agar kita tetap berpakaian tertutup dan memakai tabir surya meski di dalam rumah.

Selain bersumber dari sinar matahari yang menembus jendela, kita juga terpapar sinar UV dari gawai yang dipakai sehari-hari. Gawai seperti telepon pintar, televisi, dan layar komputer atau laptop memancarkan sinar biru (blue light). Dampak dari paparan sinar biru yang berlebihan dapat membuat kulit wajah beresiko mengalami pigmentasi yang tinggi, kulit kering, kulit kasar, dan keriput dini**).

Review Wardah UV Shield Aqua Essence
Workout at Home terlindungi dari sinar UV

Wardah UV Shield Lindungi kulitku selama di rumah saja

Selama dua minggu ini, aku rutin menggunakan Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPF 50 PA++++ karena aktifitasku kebanyakan di rumah saja. Biasanya aku memakai sunscreen dari Wardah yang SPF 30 sejak duduk di bangku SMA (zaman dahulu kala, ha-ha). Wardah UV Shield ini produk inovasi baru keluaran tahun 2020.

Klaim Wardah UV Shield Aqua Essence
Manfaat Wardah UV Shield Aqua Essence (sumber: Screencapture Webinar Wardah)

Pengalaman pertama memakai Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence SPFF 50 PA++++adalah ketika aku mengikuti sesi Home Workout Wardah x Komunitas Mom Influencer Indonesia pada tanggal 20 September 2020. Jadi, sebelum berolahraga di rumah, aku memakai produk wardah tersebut sebanyak dua jari tangan. Nah, berikut ulasan jujur tentang produknya:

Ditinjau dari packaging atau kemasannya, kali ini Wardah mengemas produknya dengan sederhana. Kemasan produk dibuat dari tube plastik berwarna biru dengan tutup flip-flap anti tumpah berwarna putih. Sangat flawless. Satu tube berisi 30 ml. Kemasan luarnya menggunakan plastik mika bening sebagai tempat produk dan kertas karton laminasi sebagai alasnya. Informasi produk pada kemasan sudah tersampaikan jelas. Desainnya gak neko-neko, hanya kombinasi warna biru gradasi. 

Kesan pertama saat aku mulai menuangkan produk ke jari adalah tekstur produk ternyata cukup kental dan berwarna putih agak kehijauan. Jujur saja, awalnya aku mengira produk Wardah UV Shield Aqua Essense yang diklaim berbahan dasar air (water based) ini akan bertekstur lebih cair dan ringan. Meski demikian, krimnya cukup mudah dibaurkan ke atas permukaan kulit tanpa meninggalkan jejak putih di wajah (whitecast). Produk ini tidak mengandung alkohol.

Aromanya wangi floral nan lembut semerbak. SPF 50 PA++++ menawarkan beberapa keunggulan, utamanya perlindungan tinggi bagi kulit wajah dari polusi dan melindungi kulit dari paparan sinar UV A dan UV B serta blue light. Kode "PA++++ " berarti produk tersebut mampu melindungi kulit dari Persistent Pigment Darkening (PPD) 16 ke atas***)

krim wardah uv shield aqua spf 50
Krim Wardah UV Shield Aqua saat hendak diaplikasikan (Foto: milik pribadi)

Saat diaplikasikan, Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence ini terasa seperti berminyak dan tidak langsung menyerap di kulit wajah. Kabar baiknya, produk ini cocok banget di kulit wajahku yang tipe kering karena sangat menghidrasi. Saat workouts aku merasa kulitku begitu segar, tampak glowing dan krim sunscreen tidak luntur meski berkeringat. Usai latihan Yoga, aku langsung pergi ke minimarket menggunakan sepeda motor dan memakai masker. Sesampainya di rumah, aku mencuci wajah dan krim dari Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence masih terasa di wajahku.
Sayangnya, hal itu justru agak tidak sesuai dengan klaim "easy absorbend" atau "mudah menyerap" sebagaimana formula sunscreen berbahan dasar air yang pernah aku coba sebelumnya. Hal itu juga bisa menjadi pertimbangan bagi teman-teman yang memiliki tipe kulit cenderung berminyak atau oily.

Saat diaplikasikan ulang, krim sunscreen tersebut langsung merata dengan baik, tanpa membuat krim sebelumnya terangkat. Perlu diingat bahwa penggunaan sunscreen harus diulang tiap 2 jam sekali ya teman-teman. Hal tersebut dilakukan agar proteksi optimal.

Harga untuk satu produk Wardah UV Shield Aqua Fresh Essense ini cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 41.000 - Rp 55.000. Produk tersebut dapat dibeli di website resmi Wardah https://shop.wardahbeauty.com/ atau di berbagai e-commerce dan toko-toko kosmetik langgananmu.

Simple Workout at Home bersama Lisa Namuri

Tak hanya membahas cara menangkal sinar UV dan mendapat edukasi tentang produk Wardah UV Shield Aqua Fresh Essence, aku dan teman-teman di Komunitas Mom Influencer juga mendapat pelatihan Home Workout Yoga secara virtual yang dipandu oleh Mbak Lisa Namuri, seorang presenter yang juga Certified Yoga Instructure.

yoga bareng mom influencer
Foto bareng virtual MOMI

Mbak Lisa mengarahkan kami untuk mengikuti beberapa pose Yoga yang sudah lama tidak aku lakoni. Sungguh rasanya otot-ototku begitu kaku. Maklum, sudah dua tahun tidak beryoga ria, he-he. Adapun beberapa gerakan Yoga yang kami lakukan adalah seperti baby pose, downward facing dogwarrior, dan lain-lain.

Sesi Yoga diakhiri dengan pose Shavasana yakni berbaring terlentang dan bernafas rileks. Tak lupa, Wardah juga mengadakan Kuis yang berhadiah hampers skincare Wardah. Sayangnya, aku kurang beruntung dalam adu kecepatan  jempol dan sinyal ini. Terakhir, kelas virtual ditutup dengan foto bersama. Semua wajah Moms yang ikut tampat sumringah, bertabur senyum dan memancarkan aura positif.

Demikianlah review jujur produk Wardah UV Shield Aqua Essence dan sedikit cerita tentang acara virtual Workout at Home bersama Wardah, Lisa Namuri dan Komunitas Mom Influencer Indonesia. Aku berterima kasih kepada semua yang telah menyelenggarakan acara tersebut. Semoga bermanfaat untuk teman-teman semua ya...

Sekarang, yuk teman-teman sharing pengalaman menggunakan produk Wardah UV Shield Aqua Essence atau produk sunscreen lain yang wajib aku coba di kolom komentar ya !

Terima kasih dan Be Happy Everyday !!! :)

#Wardah #Skincare #WardahUVShieldAquaFreshEssence #Sunprotection


Sumber:

*) https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-2745589/jangan-salah-kulit-tetap-bisa-terpapar-sinar-uv-meski-di-dalam-ruangan

**) https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200629121533-255-518569/alasan-perlu-memakai-tabir-surya-meski-beraktivitas-di-rumah

***) https://womantalk.com/beauty/articles/kode-spf-dan-pa-pada-sunscreen-apa-artinya-DPmgv


SHARE 17 comments

Add your comment

  1. Balasan
    1. Yeay, pasti jadi andalannya Mbak Yum bertualang nih

      Hapus
  2. Sudah lama saya selalu pake produk dari Wardah. Tapi memang belum nyobain yang UV Shield karena seringnya dirumah 24 jam.
    Kayaknya musti nyoba nih

    BalasHapus
  3. Aku pakai Wardah sunscreen gel yang putih dan tosca itu, Kak. Belum coba yang UV Shield Aqua Essence , wah pengin coba ah
    Oh ya. Asyik banget sih acaranya, olahraga bareng meski virtual pasti semangat lebih sehat jadinya

    BalasHapus
  4. Wah Wardah UV Shield ini produk baru ternyata ya mba. Aku baru tahu soalnya. Mba mu tanya klo di rumah pakai Wardah UV Shield tapi yg SPFnya 50 gitu, itu ketinggian atau nggak sih?

    BalasHapus
  5. Produk Wardah ini semakin lengkap dan komplit ya, Mbak Alfi. Apalagi sangat aman dan halal bagi teman-teman muslimah. Harganya juga terjangkau dan mudah didapatkan produknya. Teman saya ada yang kerja di Wardah.

    BalasHapus
  6. Sepertinya aku patut mencoba Wardah UV Shield Aqua Essence karena punya jenis kulit yang kering banget. Enak banget kan ya kalau ketemu produk perawatan yang bisa menghidrasi secara efektif.

    Aku baru tahu loh kalau proteksi terhadap sinar UV di dalam rumah pun harus diulang setiap dua jam. Wuih, beneran mengerikan ya sinar matahari kalau berlebihan.

    BalasHapus
  7. Semakin lengkap ya mom produk dari wardah ini.. sepertinya ku tertarik dan pengen coba juga

    BalasHapus
  8. Mba Alfizza teteup cantik yaa di rumah. Olahraga di halaman rumah pun bisa tetap melindungi wajah dr sinar UV ya.. Tinggal pake UV Shield Wardah. Tfs Mbak...

    BalasHapus
  9. Aku baru tahu kalau harus diulang per 2 jam. Btw, ketika dipake kan agak berminyak gitu jadi agak sulit menyerap di kukit, setelah pemakaian lama apakah bikin wajah beneran berminyak mbak? Maksudnya ketika gak pake uv shield lagi.

    BalasHapus
  10. Otot otot yang kaku jadi mulai lentur lagi ya dengan ikut yoga, ya meskipun ada linu linu dikiit.

    BalasHapus
  11. Dulu saya jerawatan, pakai cream ini itu nggak mempan. Ternyata saya salah pakai skincare tapi nggak pakai UV shield/sunscreen sama juga bohong. Dulu pakeknya sunscreen wardah yang gel. Tapi sekarang pakai varian uv shield yang biru dan teksturnya lebih enak dipakai daripada yang gel. ^^

    BalasHapus
  12. Ini produk baru wrdah kan ya... Aku mau nyoba pake tapi belum sempet beli nih... Biasanya pake Wardah sunscreen aja, kalo ini kan SPFnya lebih gede, ya jadi enak deh.

    BalasHapus
  13. Agak pencerahan bgt itu, aku baru tau soal blue light bisa merusak kulit juga dan dia bisa protect from blue light donk

    BalasHapus
  14. Yoga + pake wardah uv shield emang mantep sih, bikin melengkapi. Wardah UV shield ini inovatif makanya wajib stok buat yg suka terpapar blue light

    BalasHapus
  15. semakin mantap pake uv shield aqua fresh essence karena cocok untuk kegiatan indoor yang banyak kulakukan dirumah udah gitu harganya terjangkau lagi

    BalasHapus
  16. Aku juga make wardah nih mom..bener banget tuh walaupun dirumah aja ttp aja terpapar sinar matahari.. kcuali klo kita tgal d absement tanpa cahaya matahari yg bsa masuk kali yaa😅😅😅

    BalasHapus

© Alfizza Murdiyono · Designed by Sahabat Hosting