Kenangan momen panen padi di salah satu desa di Jawa Tengah tahun 2014 (doc. Alfizza)

Membahas soal hasil pertanian, ingatanku langsung berkelana pada memori indah masa kuliah. Saat liburan semester empat, aku sempat mengikuti sebuah program live in di rumah petani di pesisir utara Jawa Tengah. Desa tersebut indah dan damai karena dikelilingi lahan persawahan yang luas dengan sungai yang mengalir diantaranya dan ada pantainya juga.

Selama tiga hari tinggal bersama petani, aku mendapatkan pengalaman dan pembelajaran berharga. Salah satu pegalaman tak terlupakan adalah ketika aku dan kedua temanku ikut rombongan bapak-bapak dan ibu-ibu petani di desa memanen padi. Di momen inilah untuk pertama kalinya aku ikut merasakan mengarit padi, memisahkan padi dari tangkainya, menjemur dan menggiling padi agar terpisah dari sekamnya. Biasanya sekam padi yang sudah tidak dipakai akan ditumpuk di beberapa titik lokasi lalu dibakar.

Sekam padi di Fasilitas Boiler Biomassa Danone SN Indonesia (doc. Youtube Nutrisi Bangsa)

Belakangan aku baru tahu kalau sekam padi ternyata menyimpan banyak manfaat, antara lain dapat digunakan sebagai pakan ternak, pupuk organik, bahan bakar, dsb.

Melihat potensi pertanian di daerah Klaten yang menghasilkan banyak limbah sekam padi, Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia bersama-sama dengan Berkeley Energy Commercial Industrial Solution (BECIS) berinovasi membangun Boiler Biomassa berbahan bakar sekam padi di Pabrik Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Mitigasi Perubahan Iklim, Danone SN Indonesia Bangun Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi

Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia meresmikan boiler (ketel) biomassa berbahan bakar sekam padi di Kawasan Pabrik PT Sarihusada Generasi Mahardika, Prambanan, pada Rabu 15 Juni 2022.

Ibu Vera Galuh (VP General Secretary Danone Indonesia), menyampaikan bahwa pembangunan boiler biomass ini sejalan dengan Visi Danone: One Planet One Health. Danone percaya bahwa untuk mencapai masyarakat sehat, buminya juga harus sehat. Oleh sebab itu, Danone menyumbang kontribusi menggunakan energi terbarukan 100% di tahun 2030 dan karbon netral di tahun 2050. Caranya dengan mengoperasikan pabrik dengan minim karbon dan lebih ramah lingkungan.

Fasilitas Boiler Biomassa ini merupakan yang pertama di Jawa Tengah dan terbesar di Indonesia. Didirikan di atas lahan seluas 3.000meter persegi, Fasilitas Boiler Biomassa berbahan bakar sekam ini telah beroperasi sejak awal tahun 2022 dan mampu menyuplai kebutuhan uap bertekanan (steam) untuk kegiatan produksi berkapasitas hingga 6 ton steam/jam.

Penggunaan Boiler Biomassa dapat menurunkan jejak karbon sebesar 8.300ton CO2 per tahun atau setara dengan jejak karbon yang diserap melalui penanaman 120.000 pohon.

Berdasarkan pemaparan Karyanto Wibowo, Sustainable Development Director Danone Indonesia, untuk menjalankan kegiatan produksi, pabrik membutuhkan energi listrik, sementara untuk Boiler, membutuhkan tenaga dan energi panas yang lebih besar sehingga tidak efisien kalau menggunakan energi listrik. Boiler konvensional kebanyakan menggunakan bahan bakar energi fosil (solar) dan CNG (Compressed Natural Gas).

“kita melihat aspek potensi sumber daya bahan baku dari boiler biomassa di sekitar, yang relevan di tempat kita beroperasi itu adalah sekam padi. Fasilitas ini juga menurunkan jejak emisi karbon sebanyak 32% total emisi karbon di pabrik ini” jelasnya.

Manfaat Penggunaan Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi

Penggunaan Bioler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi memiliki 4 manfaat, yakni:

  1. Mengurangi emisi karbon ke atmosfer
  2. Mengurangi limbah pertanian
  3. Mengurangi biaya bahan bakar
  4. Mewujudkan ekonomi sirkular

Setiap proses pembakaran sekam padi pada boiler biomassa akan menghasilkan dua material sisa, yaitu gas buang dan abu sekam. Gas buang terlebih dahulu diolah menggunakan alat Electrostatic Precipitator (ESP) sehingga sangat bersih saat dilepaskan ke udara melalui cerobong dengan mengikuti standar Bank Dunia.

Sisa abu sekam, diberikan secara gratis untuk digunakan sebagai campuran pupuk oleh petani. Abu sekam juga memiliki manfaat yang tak kalah banyaknya, seperti; bisa dimanfaatkan sebagai media tanam, campuran pupuk organik, menjaga kondisi tanah agar tetap gembur, memacu pertumbuhan mikroorganisme, menyuburkan tanah, mengatur pH tanah, meningkatkan daya serap dan daya ikat tanah terhadap air, dan sebagainya.

Ternyata tanaman padi banyak sekali manfaatnya. Selain padinya bisa dimasak jadi nasi untuk bahan pangan, sekamnya pun dapat dimanfaatkan menjadi sumber energi terbarukan. Tidak sampai di situ, sisa pembakaran sekam (abu sekam) masih memiliki manfaat untuk lahan pertanian. Begitulah kiranya cara kerja ekonomi sirkular yang terus diupayakan oleh Danone SN Indonesia. Sehingga, yang semula merupakan limbah hasil pertanian kini menjadi berkah bagi perusahaan dan juga petani sekitar pabrik.

“Semoga menjadi contoh badan usaha lain untuk secara massif mewujudkan efisiensi energi dan energi hijau yang lebih baik bagi lingkungan dan Kesehatan.” Pesan Edi Wibowo, Direktur Bioenergi, ESDM.

Aku pun berharap seiring dengan berkembangnya teknologi, kita bisa memanfaatkan potensi yang ada bahkan melimpah ruah di dalam negeri Indonesia sebagai sumber daya baru yang lebih efisien, lebih bersih, dan berkeadilan sosial.

#BoilerBiomass #DanoneIndonesia

Halo Moms, apa kabar? Belakangan ini cuaca sedang sulit diprediksi, ya. Kadang panas terik, eh, siang atau sorenya tiba-tiba hujan. Makanya sekarang aku kalau jemur baju pasti di dalam rumah, antisipasi supaya kain jemuran tidak basah kalau mendadak turun hujan. Tapi, tahu tidak, Moms, kain jemuranku jadi gampang bau apek. Untungnya, dua pekan lalu aku belanja bulanja bulanan di supermarket dan bertemu dengan serangkaian produk perawatan kain terbaru dari Molto, yaitu Molto Korean Strawberry, pelembut pakaian Korea dengan aroma khas yang menyegarkan.

Pelembut pakaian Molto Korean Strawberry
Berbagai produk kebersihan dengan wangi Korean Strawberry

Penasaran, kan, seperti apa pengalamanku mengatasi bau apek pada kain jemuran dengan Molto Korean Strawberry? Simak ulasanku sampai selesai, ya!

Korean-wave tampaknya sudah masuk sampai ke setiap lini kehidupan bangsa yang bahkan posisi geografisnya cukup jauh dari Negara Korea itu sendiri. Beberapa seniman berkebangsaan Korea begitu digandrungi di Indonesia. Gaya hidup dan produk yang dipakai atau dikonsumsi oleh bintang film maupun penyanyi tersebut sedikit banyak diikuti oleh para penggemarnya. Hingga belakangan ini buah yang menjadi ikon dari budaya Korea Selatan ikut terkenal di Indonesia, yaitu Korean Strawberry.

Korean Strawberry memiliki aroma harum dengan nuansa sweet (manis) dan lembut. Molto pewangi pakaian terbaik telah mengeluarkan varian baru dengan parfume boost Korean Strawberry. Duh, wanginya menyenangkan sekali, bikin jatuh cinta seperti melihat tatapan oppa-oppa di drama Korea, hehehe.

Molto Korean Strawberry, Pelembut dan Pewangi Pakaian dengan 7 Keunggulan

Keputusanku membeli produk pelembut dan pewangi pakaian keluarga terbaru dari Molto ini merupakan keputusan yang paling tepat. Awalnya “blind buy” saja begitu, namun ternyata, “wow, banget!”, puas! Mengapa? Karena pakaianku beneran wanginya semerbak, tetap segar meski di jemur dalam rumah dan kain jadi lebih lembut di kulit.

Pewangi pakaian terbaik Molto Korean Strawberry diklaim memliki 7 keunggulan, yakni 7 kali lebih wangi dan 7 kali anti bau. Lebih ampuh menghilangkan bau membandel dibandingkan produk pewangi lainnya, lho. Molto Korean Strawberry direkomendasikan jadi pewangi pakaian terbaik pilihan keluarga yang tak hanya wangi, tapi juga berhasil membuat pakaian lebih lembut dan nyaman dipakai beraktivitas seharian.

Keunggulan lainnya adalah 7 kali anti bau. Molto Korean Strawberry mampu menghilangkan 7 bau membandel yang menempel di pakaian, seperti bau keringat, bau apek, bau polusi, bau asap, bau bawang, bau amis, dan bau badan. Nih, buat emak-emak dapur kayak kita yang sering dikatain bau amis lah, bau bawang lah, sudahi risaumu, cuci baju pakai Molto Korean Strawberry. Berasa iklan, deh, hehehe.


“Mam, ini baju disemprot parfum apa? Wanginya enak bener.” ujar suamiku saat ia memakai seragamnya.

“oh, itu aku pakai Molto baru, yang kita beli kemarin di supermarket”

“wah, bisa gini ya wanginya, suka, suka!”

Surprisingly, suamiku suka banget wanginya Molto Korean Strawberry, bahkan dia kira aku kasih semprot parfum. Dalam hati ku berkata, ‘ih ayang, boro-boro nyemprotin baju kamu parfum, baju aku aja jarang banget disemprot parfum’. Sejak sat itu, aku jadi semakin semangat nyuci baju, jemur, lipat dan gosok bajunya ayang. Berasa abis dapat komplimen.

Oh iya, tahu nggak sih, Moms, selain memberikan keharuman 7 kali lebih wangi dan 7 kali anti bau, Molto Korean Strawberry juga menciptakan suasana so sweet so romantis dalam keluarga, persis seperti tagline-nya, ‘So Sweet, So Romantis’.

Molto Korean Strawberry, daebak! Saranghaeyo! (fingercross)

Lembutnya Merawat Serat Kain

Molto Korean Strawberry mampu merawat serat kain karena memiliki kandungan Ekstra Pelembut. Sebenarnya aku itu tipikal orang yang jarang sekali menyetrika pakaian. Jadi, cara yang aku lakukan adalah saat mengangkat jemuran, pakaian langsung dilipat rapi. Khusus untuk pakaian kerja suami dan pakaian formalku pastinya masih harus disetrika.

Ada satu lagi yang penting diketahui, nih, Moms, Moolto Korean Strawberry ini tidak menimbulkan efek panas di tangan. Berhubung kulitku cenderung sensitif, aku mengerti sekali bagaimana rasanya tangan panas dan gak nyaman saat mencuci baju. Bahkan ada deterjen dan pelembut pakaian yang membuat kulitku terkelupas (ganti kulit), kemerahan dan gatal-gatal. Jadi selain lembut di kain, poin plusnya produk ini juga lembut di kulit kita.

Harga Terjangkau dan Mudah Didapatkan

Harga dan kemudahan mendapatkan produk merupakan salah dua kriteria produk kebutuhan rumah tangga pilihanku. Ibaratnya, buat apa cari produk yang tidak ada di sekitar kita, mending pilih yang selalu ada dan harganya pas di kantong.

Please, jangan kaget ya, Moms, produk Molto Korean Strawberry yang berisi 680ml cuma dibandrol seharga Rp 16.900. Aku pakai sebulan lebih untuk satu keluarga, turah-turah deh pokoknya! Kalau teman aku bilang sih dia bisa sampai 20x cuci, cuma aku sendiri tidak menghitung persisnya berapa.

Produk Unilever yang satu ini benar-benar sesuai sama motto-ku: Hemat, Cermat dan Bersahaja. Salam Pramuka, hehehe. Bagaimana tidak, dengan harga terbilang murah kita dapat produk kualitas mewah, wanginya elegan, dan pastinya dapat pelembut pakaian dan pewangi pakaian terbaik.

Mau yang lebih hemat lagi, Moms? Nih, aku spill, Moms bisa beli Molto Korean Strawberry dalam kemasan renceng seharga Rp. 500,-/sachet. Baru kali ini aku merasa punya uang Rp 500,- masih berharga, Moms. Udah gitu, kalau Moms beli 12 sachet, ada bonus ekstra satu sachet lagi. Luar biasa, bestie!!!

Saranghaeyo (fingercross)

Wajib Punya! Berbagai Produk Kebersihan Beraroma Korean Strawberry dari Unilever

Produk koleksi Korean Strawberry dari Unilever sebenarnya banyak, Moms. Kalau mau pakaian bersih dari noda dan dapat wanginya Korean Strawberry juga, Moms bisa pakai sabun pencuci pakaian (deterjen) Rinso Korean Strawberry Powder

8 Keunggulan Rinso Korean Strawberry Powder, sebagai berikut:

  1. Mampu hilangkan noda dalam 1x kucek,
  2. jaga warna pakaian tetap cemerlang,
  3. Surfaktan mudah terurai,
  4. lembut dan tidak panas di tangan,
  5. wangi Molto tahan lama hingga 21 hari
  6. hilangkan bau tak sedap & bau apek pada pakaian
  7. mengandung ekstra pelembut, membuat serat kain lembut dan halus
  8. 99.99% efektif bunuh bakteri dan virus

Unilever juga baru saja launching cairan pembersih lantai Superpell Korean Strawberry yang membuat lantai hygienis selama jam 8, kinclong, dan wangi semerbak. Teknologi power clean menjadikan lantai higienis maksimal dan berkilau.

Ada pula sabun cuci piring Sunlight Extra Korean Strawberry yang membuat rutinitas mencuci piring jadi semakin mudah karena kandungan jeruk nipis didalamnya mampu hempas kotoran membandel seperti lemak yang menempel di piring. Wangi Korean Strawberry di sabun pencuci piring Sunlight ini mampu membangkitkan mood sehingga kita selalu bahagia serta bersemangat saat membersihkan peralatan masa dan makan.

Bagaimana Moms, ingin koleksi semua produk kebersihan beraroma Korean Strawberry? Moms bisa dapatkan semua produk Unilever; Rinso, Molto, Superpell, dan Sunlight Korean Strawberry ini di toko/supermarket terdekat maupun secara online di e-commerce kesayanganmu; Tokopedia, Shopee, dan JD.ID.

Apakah kamu sudah mencoba semuanya, Moms? Yuk, bagikan ceritamu di kolom komentar, ya! 😊

© Alfizza Murdiyono · Designed by Sahabat Hosting