Hi, teman-teman. Kharisma Tentara Nasional Indonesia (TNI) memang memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Ada stereotipe dalam hal percintaan yang berkembang di masyarakat, yang mana anggota TNI biasanya berjodoh dengan tenaga kesehatan, entah itu dokter, perawat atau bidan. Kisah percintaan anatara tentara dan tenaga kesehatan pula lah yang menjadi inspirasi bagi para pembuat film maupun sinteron dalam dan luar negeri.

Poster Promo Sinetron Bintang Samudera ANTV
Poster Promo Sinetron Bintang Samudera ANTV

Kerjasama ANTV, Verona Picture dan TNI AL Hadirkan Sinetron "Bintang Samudera"

Sebelumnya aku ingin bertanya, apa sih yang kamu ketahui tentang TNI Angkatan Laut? Mungkin banyak dari kita yang tidak tahu seluk-beluk kehidupan salah satu cabang tingkatan perang Tentara Nasional Indonesia yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan Negara Republik Indonesia di laut. Berbeda dengan TNI Angkatan Darat yang mungkin sering terlihat, TNI AL kurang terlihat di mata awam karena tugasnya lebih banyak di laut lepas untuk menjaga kedaulatan NKRI. Oleh sebab itu, ANTV berinisiatif menghadirkan sinetron keren berjudul “Bintang Samudera” yang terinspirasi dari kehidupan prajurit TNI Angkatan Laut lengkap beserta bumbu-bumbu drama kehidupan dan percintaannya.

Sebagi penikmat sinetron dan perfilman Indonesia, jujur saja aku belum pernah menonton film maupun sinetron yang mengangkat tema atau berlatar belakang kehidupan prajurit Tentara Angkatan Laut. Sinetron “Bintang Samudera” merupakan hasil kerjasama antara ANTV, Verona Picture, dan TNI Angkatan Laut Indonesia yang diresmikan pada hari Senin, 29 Agustus 2022 di KRI Banda Aceh – 593. Episode pertama sinetron “Bintang Samudera” akan tayang pada Senin, 19 September 2022. 

Di balik layar, para pemain sinetron Bintang Samudera dilatih langsung oleh TNI AL (doc. ANTV) 

Ngomong-ngomong nih, aku termasuk yang beruntung dapat kesempatan berkunjung ke Studio ANTV Epicentrum, Kuningan, untuk menonton Preview Episode 1 “Bintang Samudera” bersama teman-temanku. Asli seru banget! Nih ya, aku bocorin sedikit alur ceritanya, supaya kamu makin penasaran dan nonton sinetronnya.

Nagita dan Bintang saat masih SMA (doc. ANTV)
Bocoran Alur Sinetron Bintang Samudera Episode 1

Bintang Samudera mengisahkan tentang Nagita (Steffi Zamora), terpaksa memutuskan hubungan dengan Bintang (Riza Syah) agar Bintang dapat memenuhi keinginan ayahnya untuk menjadi prajurit Angkatan Laut dan tidak mengikutinya kuliah kedokteran. Bintang sangat terpukul dan patah hati ketika Nagita meninggalkannya dan memutuskan sepihak cinta mereka lewat selembar surat. Kini Nagita menjadi seorang dokter muda yang cantik dan berjiwa pengabdian tinggi. Setelah memutuskan resign dari tempatnya bekerja, ia mengikuti program volunteer ke Natuna. Tak disangka ketika mereka masih di kapal penyebrangan, kapal yang mereka tumpangi diserbu oleh perompak. Nagita hampir saja ditawan perompak namun berhasil diselamatkan oleh kapten pasukan Angkatan Laut, dan betapa terkejut Nagita ketika melihat orang yang menyelamatkan dia adalah Bintang.

dr. Nagita ketika menjadi dokter volunteer di pulau (doc. ANTV)

Kini keduanya dipertemukan lagi dengan sosok Bintang yang berbeda. Bintang, kapten populer berwajah ganteng tetapi kaku dan dingin kepada siapapun termasuk kepada Nagita. Nagita yang berusaha mencoba memperbaiki hubungannya dengan Bintang terhalang oleh kehadiran Andra (Rebecca Tamara), dokter volunteer lainnya yang cantik namun angkuh dan sangat terobsesi dengan Bintang. Akankah cinta Nagita dan Bintang bersemi kembali diantara sekian banyak kesalahpahaman dan orang-orang yang tidak menginginkan keduanya bersatu?

Sebelum dimulainya proses syuting, beberapa karakter dalam Bintang Samudera yang menjadi Angkatan Laut antara lain Bintang (Riza Syah), Danu (Kamal Hafid), Glen (Wieshley Brown) dan Taufik (Shandy William) melakukan pendalaman peran serta latihan fisik yang dilatih langsung dari TNI Angkatan Laut. Mereka juga belajar menggunakan persenjataan asli milik TNI Angkatan Laut. Kapal perang KRI Bung Tomo juga digunakan untuk pengambilan beberapa adegan.

Pemeran Taufik, Glenn, dan Danu (doc. ANTV)

Agar masyarakat lebih dekat dengan TNI AL

Ada hal yang menarik saat momen penandatanganan kerjasama antara Verona Picture dengan TNI AL. Bapak Yugo Laksmana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam sambutannya menceritakan kehidupan para pasukan TNI AL dalam tugas-tugasnya sebagai prajurit dan sebagai manusia biasa yang juga memiliki kisah percintaan. Prajurit tentara AL yang di luar nampak tangguh tapi sebenarnya sama seperti manusia pada umumnya juga bisa mengalami jatuh cinta, sedih, berjuang dan berkorban demi tanah air dan keluarga tercinta.

ANTV sebagai tv nasional ikut berperan menimbulkan rasa nasionalisme atau cinta tanah air. Sinetron Bintang Samudera menggambarkan bagaimana seorang prajurit TNI sangat dekat dengan masyarakat. Rakyat perlu tahu apa dan bagaimana TNI AL menjalankan amanah pengabdiannya pada negara.  Dengan mengetahui dan memahami maka terbangun kecintaan dan dukungan rakyat semangat pengabdian prajurit jalasena. AL tugasnya kebanyakan di laut. Dalam tugasnya, begitu kapal siap berangkat, TNI AL menghadapi berbagai situasi mulai  dari tantangan alam (ombak, dsb) dan tantangan keamanan saat menjaga lautan NKRI. Prajurit AL tugas layarnya bisa memakan waktu 4-5 bulan baru kembali ke keluarganya.

Para Pemain Sinetron Bintang Samudera (doc. ANTV)
Banyak hal yang spesial dari sinetron Bintang Samudera. salah satunya adalah para pemeran tentara dalam sinetron tersebut memiliki izin khusus menggunakan atribut TNI AL yang begitu sakral, karena tidak sembarang orang bisa memakainya.

Sebagai warga sipil, aku turut bangga dengan perjuangan TNI AL yang siap sedia ditugaskan menjaga kedaulatan NKRI di tengah lautan bahkan tinggal jauh dari keluarga di pulau-pulau terdepan dan terluar Indonesia. Aku juga salut pada pengorbanan dokter-dokter yng mengabdikan diri sebagai volunteer di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar). Mereka mampu mengemban tugas mulia untuk menolong masyarakat dan juga para tentara dalam keterbatasan dan berbagai resiko lainnya. Terharu!

Yuk, nonton yuk, jangan lupa ajak bestie-bestie kamu, tetangga, suami, siapapun deh untuk nonton sinetron keren "Bintang Samudera" di ANTV yang tayang setiap hari pukul 18.00 dan have fun!


#BintangSamudera #BintangSamuderaANTV #ANTVRame #SinetronKeren

SHARE 0 comments

Add your comment

© Alfizza Murdiyono · Designed by Sahabat Hosting